Header Ads

Buku SKI

Latar Belakang Munculnya Gerakan Pembaharuan

Munculnya gerakan pembaruan dan modernisasi di dunia Islam dilatarbelakangi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah situasi dan kondisi umat Islam sendiri, yaitu antara lain;

  • Pertama, paham tauhid yang dianut kaum muslimin di dunia telah bercampur aduk dengan kebiasaan-kebiasaan yang dipengaruhi oleh tarekat-tarekat, pemujaan berlebihan terhadap para wali dan orang-orang yang dianggap suci, dan hal-hal lain yang bisa membawa kepada kekufuran. 
  • Kedua, sifat jumud membuat umat Islam berhenti berfikir dan berusaha, umat Islam maju di zaman klasik karena mereka mementingkan dan menjunjung tinggi ilmu pengetahuan. Oleh karena itu selama umat Islam masih bersifat jumud dan tidak mau berfikir untuk berijtihad, maka tidak mungkin mengalami kemajuan, untuk itu perlu adanya pembaruan yang berusaha memberantas kejumudan. 
  • Ketiga, umat Islam dalam kondisi terpecah belah. Selama umat Islam terpecah belah, maka umat Islam tidak akan mengalami kemajuan. Umat Islam akan maju-jika ada persatuan dan kesatuan atau persaudaraan yang diikat oleh tali ajaran Islam. Untuk mempersatukan kembali umat Islam, maka diperlukan suatu gerakan pembaharuan. 


Sedangkan faktor eksteralnya adalah kontak yang terjadi antara dunia Islam dengan dunia Barat. Dengan adanya kontak ini umat Islam sadar bahwa mereka mengalami kemunduran jika dibandingkan dengan Barat.


Tidak ada komentar